MENJADI PENYULUH BERKARAKTER

penyampaian materi

Penyuluh adalah obor untuk mengusir kegelapan sekaligus agen perubahan bagi seluruh tatanan kehidupan masyarakat teristimewa peningkatan keimanan masyarakat atau jemaat. Demikian kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sumba Tengah Bpk. Sarman Marselinus dalam sambutan pada acara pembukaan kegiatan Pembinaan Penyuluh Agama Kristen yang diselenggarakan di Hotel Aloha pada 20-22 Juni 2013 dengan tema “Membangun Karakter Penyuluh Agama Kristen”. Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta dan menghadirkan empat narasumber yaitu Bpk. Drs. Sarman Marselinus dengan materi “Peran Penyuluh Agama Dalam Membangun Kesejahteraan Masyarakat dan Lingkungan Hidup”, Pdt. Emr. David Umbu Dingu, S.Th dengan materi “Peran Penyuluh agama dalam Membangun Bangsa”, Pdt. Marthen G. W. Nunu, S.Th dengan materi “Peran Penyuluh sebagai Agen Kerukunan” dan Pdt. Rambu Roku Wagi, S. Si dengan materi “Peran Penyuluh Agama dalam Membangun Iman”.

Pdt. Rambu Roku Wagi, S. Si dalam penyampaian materinya menegaskan pentingnya integritas pribadi penyuluh dalam seluruh aspek kehidupan dalam membangun iman jemaat. Termasuk di dalamnya adalah kesesuaian antara iman dan perbuatan. Sebagai pemimpin rohani yang telah dipilih, penyuluh perlu memerhatikan integritas, motivasi, kapasitas, pengertian dan pengetahuan. “Tanpa integritas motivasi itu berbahaya, tanpa motivasi kapasitas itu tidak berjalan, tanpa kapasitas pengertian menjadi terbatas, tanpa pengertian ilmu pengetahuan tidak berarti, tanpa pengetahuan pelayanan tidak berarti,” ujarnya.

Menurut Kepala Seksi Urusan Agama Kristen, Bpk. Jonas N. Pandie, S.Pd kegiatan pembinaan penyuluh agama Kristen bermaksud membina peserta agar memahami tugas, fungsi dan perannya sebagai penyuluh, membantu peserta dalam mengidentifikasi masalah-masalah sosial kemasyarakatan dan melengkapi peserta dengan materi-materi penyuluhan. Sementara itu tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kualitas pelayanan Penyuluh agama Kristen.

tanya jawab

Tanya-jawab antara peserta dan narasumber, diskusi serta berbagi pengalaman menghangatkan pelaksanaan kegiatan ini. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini ditutup secara resmi oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Bpk Drs. Tarsisius Sili Toda. Beliau berharap materi-materi yang telah disajikan dapat membantu penyuluh melaksanakan tugas dengan baik demi peningkatan iman jemaat dan membawa perubahan nyata pada jemaat yang dilayani. (Avin)

foto bersama

Foto Bersama

foto bersama2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>