LOMBA KITAB SUCI BAGI ORANG MUDA KATOLIK

buka kegiatanPusPaS Keuskupan Weetebula di Katiku Loku yang biasanya hening tiba-tiba menjadi ramai. Keheningan itu dipecahkan oleh canda-tawa tiga puluh Orang Muda Katolik dari dua paroki yang ada di Sumba Tengah yaitu Paroki Katiku Loku dan Lendi Wacu pada Rabu (11/09/2013). Mereka adalah peserta kegiatan Lomba Kitab Suci Tkt. Kab. Sumba Tengah yang digelar pada 11-13 September 2013.

Dalam Acara Pembukaan pada Rabu (11/09/2013), Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sumba Tengah, Bpk. Sarman Marselinus memberikan gambaran umum mengenai BKSN 2013 dan pelaksanaannya di Sumba Tengah.

“Gereja merasa prihatin dengan kemerosotan iman yang melanda umat dewasa ini. Paus Benediktus XVI melalui Surat Apostolik Porta Fidei (Pintu Iman) mengajak umat untuk mendalami imannya dengan membaca Kitab Suci dan dokumen-dokumen Konsili Vatikan II. Ajakan ini ditindaklanjuti oleh Gereja Katolik di Indonesia.  Lembaga Biblika Indonesia menetapkan tema “Kitab Suci dalam Keluarga” sebagai focus Kerasulan Kitab Suci tahun 2013-2016. Diharapkan umat Katolik menjadi lebih akrab dengan Kitab Suci dengan berbagai cara sehingga semakin tangguh dalam menghadapi kerumitan dan kesulitan dewasa ini,”kata Bpk. Marselinus

“Kegiatan yang akan kita mulai hari ini merupakan wujud konkret pendalaman Kitab Suci. Saya terkesan dengan apa yang akan dilakukan yaitu perlombaan Lektor, Mazmur Tanggapan, Pidato dan Kuis Kitab Suci. Berbeda dengan seminar dengan metode ceramah di mana peserta aktif mendengar, dalam kegiatan ini para peserta terlibat aktif. Mereka akan tahu Kitab Suci karena mereka sendiri mendalami dan mengalami Kitab Suci dengan membacakan, menyanyikannya, membicarakannya dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tim juri tentang Kitab Suci. Ini merupakan cara-cara yang cocok bagi Orang Muda Katolik,”lanjutnya.

“Saya berharap, pendalaman Kitab Suci tidak berhenti ketika Bulan Kitab Suci Nasional berakhir melainkan menjadi suatu kebiasaan dalam hidup demi perkembangan dan pendewasaan iman,”demikian harapan yang disampaikan Bpk. Marselinus mengakhiri sambutannya.

Ada yang berbeda pada acara pembukaan ini yaitu Bpk. Marselinus membuka kegiatan secara resmi dengan memukul gong bukannya mengetuk palu seperti pada kegiatan-kegiatan lain.

Tema kegiatan ini adalah “Memahami Kehendak Tuhan melalui SabdaNya”. Menurut Ketua Panitia Kegiatan, Bpk. Yohanes Pallaka, S.Ag kegiatan ini bertujuan mengajak OMK membaca Kitab Suci, meningkatkan peran OMK dalam kegiatan rohani dan meningkatkan pemahaman tentang Kitab Suci  sehingga Kitab Suci menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari.*** (Avin)

fotobersama1

fotobersama2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>